Rabu, 11 Maret 2020

Produsen Kerajinan Logam Melayani Konsumen Kabupaten Kepulauan Sangihe

Produsen Kerajinan Logam Melayani Konsumen Kabupaten Kepulauan Sangihe . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng berada diapit kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang terkenal . Perkampungan Tumang tersebut disebut sebagai sentra bisnis kerajinan kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam kuningan sudah mendarah daging pd orang Tumang, Boyolali-Jateng. Lebih dari satu family di sana memilih bisnis di rumah kerajinan logam untuk dijual ke berbagai pasar. Skill mengolah logam dipunyai secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa orang Tumang memulai bisnis kerajinannya dg sekedar membuat alat kebutuhan rumah tangga diantaranya dandang, wajan, ceret, serta lainnya tetapi sekarang sudah berganti ke kerajinan logam kuningan untuk kebutuhan asesoris restoran, gedung, serta lain.





Seni ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jateng, sekarang, mulai memberi harapan dg meningkatnya jumlah orderan, baik orderan daerah dan juga internasional. Kerja kerajinan ukir kuningan terus tumbuh cepat. Banyak orderan berdatangan dari berbagai daerah di Indonesia serta luar negeri. Orderan kerajinan logam tembaga bertambah cukup signifikan ini karena oleh banyak faktor, diantaranya ialah munculnya teknologi dunia maya. Dg munculnya teknologi website maka akan membantu para perajin kerajinan logam untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke semua daerah serta manca negara. Teknologi website amat membantu para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yang terbantu ialah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke kendari. Nggak sekedar tersebut saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke jakarta timur.



Contoh Seni Logam Kuningan ialah lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, serta lainnya. Pelanggan jg bisa mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dg seleranya. Mereka dpt mempunyai desain pribadi kemudian AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn banyak yang menanyakan harga kerajinan logam tembaga tersebut. Harga kerajinan logam kuningan amat beragam tetapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yang pas. Harga kerajinan logam kuningan dipengaruhi oleh banyak faktor. Contohnya berikut ini ini ialah banyak faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal karena bahan baku yang dipakai semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah mini tentu harganya semakin murah karena bahan yang dipakai semakin sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harga jg semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentu juga murah), jika orderan dari daerah lainnya tentu auto dikenai biaya kirim.

Kendala para produsen kerajinan logam tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil bisa mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jikalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam tembaga juga naik. Permasalahan lain, produsen Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan bisa meraih harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka produsen tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh karena tersebut, pengrajin kerajinan tembaga terus-menerus menginginkan stabilitas ekonomi terus-menerus stabil shngg tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan logam tembaga diharuskan kreatif serta diharuskan menyesuaikan selera prospek. Sekarang AA Gallery tak sekedar meraih orderan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan eksterior rumah tapi sudah bertambah pd proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Mengenai design kubah bisa mengikuti kemauan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang keren ialah AA Gallery meraih kepercayaan untuk membuat serta memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tak sekedar satu saja melainkan banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka selanjutnya menjadi sentra kegiatan serta ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Setelah berpengalaman semenjak th 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih orderan kerajinan tembaga dari bandar lampung. Berbekal pengalaman berpuluh tahun th berkarya kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah mengetahui teknik guna membuat kerajinan tembaga yang ber-quality serta cocok yang diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar