Rabu, 11 Maret 2020

Ahli Kerajinan Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kota Pontianak

Ahli Kerajinan Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kota Pontianak . Perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali terletak di antara kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang banyak dikenal . Perkampungan Tumang tsb diketahui sebagai pusat perajin seni ukir tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan logam kuningan sudah mendarah daging pd orang Tumang, Cepogo-Boyolali. Banyak saudara di sana mendirikan bisnis di rumah kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke berbagai konsumen. Skill mengukir kuningan dipunyai secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa orang Tumang memulai bisnis kerajinannya dg sekadar menghasilkan alat keperluan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, ceret, serta lain-lain tapi masa ini sudah mengubah haluan ke kerajinan logam kuningan untuk kebutuhan ornamen masjid, gedung, serta lain-lain.





Seni ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Boyolali, sekarang, mulai bergairah dg naiknya pesanan, baik pesanan daerah dan juga internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh tak terkendali. Banyak pesanan datang dari berbagai daerah di Negara Kita serta manca negara. Permintaan kerajinan kuningan semakin cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, diantaranya adalah adanya teknologi dunia maya. Dg adanya teknologi website maka akan memudahkan para ahli kerajinan kuningan untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah serta banyak negara. Teknologi website cukup memudahkan para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yang tertolong adalah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan kuningan ke medan. Tidak sekadar tersebut saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke tanjung pinang.



Contoh Seni Logam adalah kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, serta lain-lain. Pembeli jg dpt mengorder kerajinan kuningan sesuai dg kemauannya. Mereka dapat memiliki rancangan pribadi AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan kuningan cukup beraneka ragam tapi AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan kuningan disebabkan oleh banyak variabel. Antara lain ini adalah banyak variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah mahal dikarenakan bahan yang dimanfaatkan juga banyak, demikian juga sebaliknya bertambah kecil sudah sewajarnya harganya juga murah dikarenakan bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah mudah, harga jg juga murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan sudah sewajarnya juga murah), untuk pesanan dari daerah lainnya sudah sewajarnya akan dikenai ongkir.

Permasalahan para produsen kerajinan kuningan nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dpt mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Ketika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan kuningan jg mahal. Permasalahan lain-lain, produsen Cepogo-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer dpt mendapat harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka produsen tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pebisnis kerajinan tembaga terus-menerus berdoa stabilitas ekonomi terus-menerus stabil jadi nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan kuningan wajib inovatif serta wajib menyesuaikan selera pasar. Sekarang ini AA Gallery nggak sekadar mendapat pesanan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris kantor tetapi sudah bertambah pd produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Mengenai hiasan kubah dpt menyesuaikan kemauan customer.

Pd Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan adalah AA Gallery mendapat kepercayaan untuk menghasilkan serta memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan nggak sekadar satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut sudah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka kemudian menjadi pusat aktivitas serta ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan tembaga dari tegal. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun thn berkarya seni tembaga, AA Gallery bertambah mengetahui metode untuk menghasilkan seni tembaga yang ber-quality serta cocok yang diharapkan oleh semua customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar