Rabu, 11 Maret 2020

Pengrajin Seni Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Sleman

Pengrajin Seni Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Sleman . Kampung Tumang, Cepogo-Boyolali terletak diapit lereng gunung Merapi dan Merbabu yang termahsyur . Kampung Tumang tersebut dikenal sbg pusat bisnis seni kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan tembaga sudah menyatu pada khalayak Tumang, Cepogo-Boyolali. Lebih dari satu keluarga Boyolali-Jawa Tengah memilih kerja rumahan kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke bermacam pasar. Keahlian mengolah kuningan dipunyai secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa khalayak Tumang memulai kerja kerajinannya dengan sekedar menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga seperti dandang, wajan, teko, & lain-lain walau demikian kini sudah berubah haluan ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan asesoris restoran, kantor, & lainnya.





Seni ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Cepogo-Boyolali, sekarang, mulai menggeliat dengan naiknya pesanan, baik pesanan daerah atau luar negeri. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh pesat. Banyak pesanan berdatangan dari bermacam daerah di Indonesia & luar negeri. Pesanan kerajinan logam tembaga mengalami penambahan begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, contohnya yakni adanya teknologi dunia maya. Dgn adanya teknologi internet maka akan menolong para industri kerajinan kuningan untuk menawarkan kerajinan tembaganya ke semua daerah & banyak negara. Teknologi internet menolong para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yang terbantu yakni AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan kuningan ke binjai. Tdk sekedar itu saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke lhokseumawe.



Contoh Seni Logam yakni robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, & lain-lain. Konsumen juga dapat memesan kerajinan sesuai dengan kemauannya. Mereka dpt memiliki rancangan pribadi kemudian AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn sahaja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan bervariasi walau demikian AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan disebabkan oleh banyak variabel. Dibawah ini ini yakni banyak variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi disebabkan bahan baku yang digunakan bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin mini sudah sewajarnya harganya semakin murah disebabkan bahan yang digunakan semakin sedikit), level kesulitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harga juga juga murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan sudah sewajarnya juga murah), jika pesanan dari daerah lainnya sudah sewajarnya secara otomatis ditambah biaya kirim.

Permasalahan para pengusaha kerajinan kuningan tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil dapat memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Disaat harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan kuningan akan naik. Problem lainnya, pengusaha Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer dapat memperoleh harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh disebabkan itu, pengusaha kerajinan tembaga terus-menerus menginginkan stabilitas ekonomi terus-menerus stabil shngg tak mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan kuningan diharuskan kreatif & diharuskan memantau selera konsumen. Kini AA Gallery tak sekedar memperoleh pesanan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan rumah namun sudah bertambah pada proyek kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga bernilai besar. Berhubungan dengan hiasan kubah dapat mengikuti kemauan customer.

Pd Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menarik yakni AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tak sekedar satu sahaja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd pusat kegiatan & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan kuningan dari salatiga. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun th menghasilkan seni logam, AA Gallery semakin mengetahui metode guna menghasilkan seni logam yang bermutu & sesuai yang diinginkan oleh semua customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang urgen customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar