Rabu, 11 Maret 2020

Industri Seni Kuningan Melayani Prospek Kota Jakarta Utara

Industri Seni Kuningan Melayani Prospek Kota Jakarta Utara . Perkampungan Tumang, Jawa Tengah berada diapit lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang banyak dikenal . Perkampungan Tumang tsb diketahui sbg pusat pengrajin kerajinan tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan tembaga sudah menyatu pada orang Tumang, Jawa Tengah. Beberapa saudara di sana mendirikan usaha rumahan kerajinan logam untuk dipasarkan ke beragam pasar. Ketrampilan menempa logam diwarisi secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yang menyampaikan bahwa orang Tumang memulai usaha kerajinannya dg sekedar menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, alat merebus air, serta lain-lain tetapi sekarang sudah mengubah haluan ke kerajinan tembaga untuk keperluan dekorasi restoran, rumah, serta lainnya.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Jawa Tengah, sekarang ini, mulai memberi harapan dg naiknya jumlah pesanan, baik pesanan nasional dan juga manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga semakin berkembang pesat. Banyak pesanan datang dari beragam daerah di Negara Kita serta luar negeri. Pesanan kerajinan logam tembaga mengalami penambahan signifikan ini karena oleh banyak faktor, contohnya yakni munculnya teknologi website. Dg munculnya teknologi website maka mau menolong para perajin kerajinan logam untuk mengiklankan kerajinan tembaganya ke semua daerah serta manca negara. Teknologi website sangat menolong para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yang tertolong yakni AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan kuningan ke bontang. Nggak sekedar tersebut saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke serang.



Contoh Kerajinan Logam yakni kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, serta lainnya. Pelanggan juga dapat mengorder kerajinan tembaga sesuai dg keinginannya. Mereka dapat memiliki rancangan pribadi AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn sahaja banyak yang menanyakan harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan tembaga sangat beraneka ragam tetapi AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak faktor. Diantaranya sebagai berikut ini yakni lebih dari satu faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi karena bahan baku yang dimanfaatkan semakin banyak, demikian sebaliknya semakin kecil sudah sewajarnya harganya jg murah karena bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tak sulit, harga juga juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan sudah sewajarnya juga murah), jika pesanan dari daerah lain sudah sewajarnya akan dikenai ongkir.

Problem para pebisnis kerajinan kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dapat memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan kuningan jg naik. Problem lainnya, pebisnis Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama konsumen dapat memperoleh harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dapat eksis meski minim untung. Oleh karena tersebut, ahli kerajinan tembaga tetap bermimpi stabilitas ekonomi tetap stabil sehingga tidak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai ahli kerajinan kuningan harus kreatif serta harus menyesuaikan permintaan pasar. Saat ini AA Gallery tidak sekedar memperoleh pesanan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan rumah tetapi sudah bertambah pada produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan hiasan kubah dapat menyesuaikan kemauan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang keren yakni AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk menghasilkan serta memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tidak sekedar satu sahaja akan tetapi sangat banyak.

Islamic Center tersebut sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center tersebut maka kemudian menjadi pusat kegiatan serta ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan tembaga dari sabang. Dengan modal pengalaman puluhan thn memproduksi kerajinan logam, AA Gallery semakin mengerti metode guna menghasilkan kerajinan logam yang ber-quality serta cocok yang diinginkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar