Rabu, 11 Maret 2020

Industri Seni Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Barito Utara

Industri Seni Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Barito Utara . Kampung Tumang, Boyolali terletak di antara lereng pegunungan Merapi and Merbabu yang termahsyur itu. Kampung Tumang tsb disebut sebagai pusat produsen seni tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan tembaga sudah menyatu pd masyarakat Tumang, Boyolali. Banyak keluarga Tumang mendirikan kerja rumahan kerajinan logam untuk ditawarkan ke banyak pasar. Ketrampilan mengolah logam dipunyai secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa masyarakat Tumang memulai kerja kerajinannya dg sekedar menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga seperti dandang, wajan, alat merebus air, & sebagainya akan tetapi sekarang ini sudah beralih ke kerajinan tembaga untuk keperluan interior cafe, kantor, & lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Boyolali, kini, mulai memberi harapan dg meningkatnya pesanan, baik pesanan nasional ataupun manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh cepat. Banyak pesanan berdatangan dari banyak wilayah di Republik Indonesia & manca negara. Pesanan kerajinan logam tembaga bertambah signifikan ini karena oleh banyak parameter, contohnya ialah munculnya teknologi dunia maya. Dg munculnya teknologi internet maka ingin memudahkan para perajin kerajinan logam untuk mengiklankan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah & banyak negara. Teknologi internet begitu memudahkan para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yang tertolong ialah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan tembaga ke tanjung balai. Tak sekedar tersebut saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke kotamobagu.



Contoh Kerajinan Kuningan ialah robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, & lainnya. Customer juga dpt mengorder kerajinan sesuai dg kemauannya. Mereka dapat memiliki rancangan sendiri AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn sahaja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan tersebut. Harga kerajinan begitu beraneka ragam akan tetapi AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak parameter. Diantaranya sebagai berikut ini ialah beberapa parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi karena bahan baku yang digunakan semakin banyak, demikian jg sebaliknya semakin kecil tentunya harganya jg murah karena bahan yang digunakan jg sedikit), level kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin tidak sulit, harga juga juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan tentunya juga murah), untuk pesanan dari wilayah lain tentunya otomatis dikenai biaya kirim.

Permasalahan para ahli kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dpt memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Kalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam kuningan jg naik. Problem lain-lain, ahli Cepogo-Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama konsumen dpt memperoleh harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dpt eksis walaupun minim untung. Oleh karena tersebut, produsen kerajinan tembaga tetap berdoa kondisi ekonomi tetap stabil jadi nggak mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai produsen kerajinan logam kuningan diwajibkan inovatif & diwajibkan menyesuaikan permintaan konsumen. Masa ini AA Gallery nggak sekedar memperoleh pesanan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan interior kantor tapi sudah bertambah pd pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga bernilai besar. Berkaitan dengan ukiran kubah dpt mengikuti kemauan konsumen.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang keren ialah AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi nggak sekedar satu sahaja tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka setelah itu menjadi pusat kegiatan & ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah berpengalaman sejak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan kuningan dari kotawaringin timur. Bermodal pengalaman puluhan thn membuat kerajinan logam, AA Gallery semakin mengerti teknik guna menghasilkan kerajinan logam yang berkelas & sesuai yang diharapkan oleh semua konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang urgen konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar