Rabu, 11 Maret 2020

Pengusaha Seni Logam Melayani Konsumen Kabupaten Nias Barat

Pengusaha Seni Logam Melayani Konsumen Kabupaten Nias Barat . Kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah lokasinya diapit kaki gunung Merapi and Merbabu yang terkenal itu. Kampung tersebut dikenal sbg sentra ahli seni tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pada khalayak Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Beberapa keluarga Cepogo mendirikan usaha di rumah kerajinan tembaga buat dipasarkan ke berbagai konsumen. Skill menempa tembaga dipunyai secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa khalayak Tumang memulai usaha kerajinannya dgn sekadar menghasilkan alat perkakas rumah tangga contohnya dandang, wajan, ceret, and lainnya walaupun demikian saat ini sudah beralih ke kerajinan logam buat kebutuhan dekorasi masjid, kantor, and lain.





Seni ukir tembaga and kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, akhir-akhir ini, mulai bergairah dgn naiknya jumlah permintaan, baik permintaan nasional atau luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga terus berkembang cepat. Banyak permintaan datang dari berbagai daerah di Negeri Kita and luar negeri. Permintaan kerajinan kuningan mengalami kenaikan sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, diantaranya yakni hadirnya teknologi internet. Dg hadirnya teknologi website maka ingin menolong para produsen kerajinan tembaga buat menawarkan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah and berbagai negara. Teknologi website cukup menolong para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang tertolong yakni AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan tembaga ke subulussalam. Tak sekadar tsb saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke manado.



Contoh Seni Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, and lain-lain. Customer jg bisa mengorder kerajinan sesuai dgn kemauannya. Mereka bisa punya desain sendiri lalu AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam kuningan tsb. Harga kerajinan cukup bervariasi walaupun demikian AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan disebabkan oleh banyak faktor. Antara lain ini yakni banyak faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan baku yang dipakai bertambah banyak, demikian jg sebaliknya semakin kecil tentunya harganya juga murah dikarenakan bahan yang dipakai juga sedikit), level kerumitan produksi ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin tak sulit, harga jg menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan tentunya semakin murah), jika permintaan dari daerah lainnya tentunya akan ditambah ongkir.

Permasalahan para perajin kerajinan logam kuningan tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil bisa mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jikalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam kuningan jg mahal. Problem lain, perajin Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen bisa memperoleh harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh dikarenakan tsb, pebisnis kerajinan tembaga terus-menerus ingin stabilitas ekonomi terus-menerus stabil jadi tdk mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan logam kuningan diwajibkan kreatif and diwajibkan menyesuaikan permintaan prospek. Sekarang ini AA Gallery tdk sekadar memperoleh permintaan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan buat kebutuhan eksterior rumah tetapi sudah merambah pada pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg terbilang besar. Mengenai ukiran kubah bisa mengikuti keinginan konsumen.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan yakni AA Gallery memperoleh kepercayaan buat menghasilkan and memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tdk sekadar satu sahaja akan tetapi cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb sudah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka selanjutnya mjd sentra aktivitas and ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman semenjak th 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan kuningan dari tanjung balai. Dengan bekal pengalaman puluhan th menghasilkan kerajinan tembaga, AA Gallery semakin mengetahui metode untuk menghasilkan kerajinan tembaga yang berkualitas and cocok yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun laba sedikit yang penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar