Rabu, 11 Maret 2020

Perajin Seni Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Labuhan Batu

Perajin Seni Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Labuhan Batu . Kampung Tumang, Cepogo-Boyolali posisinya di antara kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang terkenal . Kampung tersebut dikenal sebagai sentra bisnis kerajinan kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan logam sudah menyatu pd khalayak Tumang, Cepogo-Boyolali. Lebih dari satu keluarga Jateng membangun bisnis di rumah kerajinan kuningan buat ditawarkan ke beragam konsumen. Skill menempa kuningan didapati secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yang menceritakan bahwa khalayak Tumang mengawali bisnis kerajinannya dgn sekadar memproduksi alat perkakas rumah tangga diantaranya dandang, wajan, teko, & lain-lain walau demikian kini sudah berganti ke kerajinan logam buat keperluan asesoris masjid, gedung, & lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali, masa ini, mulai bergairah dgn meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan nasional ataupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan tetap berkembang tak terkendali. Banyak pesanan datang dari beragam wilayah di Republik Indonesia & manca negara. Permintaan kerajinan kuningan semakin signifikan ini sebab oleh banyak parameter, contohnya yakni adanya teknologi internet. Dengan adanya teknologi website maka akan membantu para industri kerajinan kuningan buat mengenalkan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah & berbagai negara. Teknologi website membantu para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yang tertolong yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan kuningan ke pekalongan. Tidak sekadar tsb saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke ambon.



Contoh Kerajinan Logam Tembaga yakni robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, & lainnya. Customer juga dpt memesan kerajinan kuningan sesuai dgn kemauannya. Mereka dpt mempunyai desain pribadi selanjutnya AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan kuningan bervariasi walau demikian AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan kuningan ditentukan oleh banyak parameter. Banyak hal sbb ini yakni banyak parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentu harganya semakin tinggi sebab bahan yang dipakai jg banyak, demikian sebaliknya semakin mungil tentu harganya juga murah sebab bahan yang dipakai juga sedikit), level kesulitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harga juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan tentu semakin murah), untuk pesanan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentu secara otomatis ditambah biaya kirim.

Problem para industri kerajinan logam tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dpt memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam tembaga akan naik. Problem lain, industri Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen dpt memperoleh harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka industri tembaga dpt eksis walau demikian minim untung. Oleh sebab tsb, perajin kerajinan tembaga selalu berdoa kondisi ekonomi selalu stabil shngg tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam tembaga.

Sebagai perajin kerajinan logam tembaga diharuskan inovatif & diharuskan menyesuaikan permintaan prospek. Kini AA Gallery tak sekadar memperoleh pesanan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan buat keperluan eksterior rumah tapi sudah bertambah pd projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga bernilai besar. Tentang hiasan kubah dpt menyesuaikan kemauan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan yakni AA Gallery memperoleh kepercayaan buat memproduksi & memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tak sekadar satu sahaja tapi cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb sudah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tsb maka setelah itu menjadi sentra aktivitas & ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan kuningan dari malang. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun th membuat kerajinan kuningan, AA Gallery semakin tahu cara untuk memproduksi kerajinan kuningan yang memiliki kualitas & sesuai yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yang urgen konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar