Rabu, 11 Maret 2020

Bisnis Seni Ukir Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Tolikara

Bisnis Seni Ukir Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Tolikara . Kampung Tumang, Cepogo lokasinya diapit kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal . Kampung tersebut diketahui sebagai pusat produsen seni kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah menyatu pd masyarakat Tumang, Cepogo. Lebih dari satu saudara di sana mendirikan bisnis di rumah kerajinan tembaga untuk dijual ke berbagai pasar. Ketrampilan menempa tembaga dipunyai secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yang menjelaskan bahwa masyarakat Tumang mengawali bisnis kerajinannya dengan sekedar menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, baskom, and lainnya tetapi sekarang sudah beralih ke kerajinan logam tembaga untuk keperluan interior restoran, rumah, and lain.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di desa Tumang, Cepogo, baru-baru ini, mulai memberi harapan dengan meningkatnya permintaan, baik permintaan daerah dan juga luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan selalu berkembang cepat. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai daerah di NKRI and luar negeri. Permintaan kerajinan logam tembaga mengalami kenaikan cukup signifikan ini sebab oleh banyak variabel, diantaranya yakni hadirnya teknologi website. Dgn hadirnya teknologi website maka mau menolong para produsen kerajinan tembaga untuk mengiklankan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah and banyak negara. Teknologi website menolong para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang terbantu yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan kuningan ke padang sidempuan. Tidak sekedar tsb saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke serang.



Contoh Kerajinan Logam yakni lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, and lain-lain. Konsumen jg dapat mengorder kerajinan sesuai dengan seleranya. Mereka dapat punya desain sendiri selanjutnya AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn sahaja banyak yang menanyakan harga kerajinan logam kuningan tsb. Harga kerajinan beragam tetapi AA Gallery mau berupaya memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan disebabkan oleh banyak variabel. Dibawah ini ini yakni banyak variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal sebab bahan yang dimanfaatkan semakin banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mini tentu harganya juga murah sebab bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya jg semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan tentu semakin murah), jika permintaan dari daerah lain tentu secara otomatis ditambah ongkir.

Problem para pengrajin kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dapat memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Ketika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam kuningan jg naik. Problem lain, pengrajin Boyolali masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama konsumen dapat mendapatkan harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh sebab tsb, produsen kerajinan tembaga kontinyu berharap kondisi ekonomi kontinyu stabil jadi nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai produsen kerajinan logam kuningan wajib kreatif and wajib memantau keinginan prospek. Sekarang ini AA Gallery nggak sekedar mendapatkan permintaan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan interior hotel tapi sudah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Mengenai hiasan kubah dapat mengikuti keinginan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan yakni AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk menghasilkan and memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat nggak sekedar satu sahaja tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka setelah itu mjd pusat aktivitas and ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah berpengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan tembaga dari tual. Dengan bekal pengalaman puluhan tahun membuat kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah paham teknik guna menghasilkan kerajinan kuningan yang bermutu and sesuai yang diharapkan oleh semua konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yang urgen konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar