Rabu, 11 Maret 2020

Industri Seni Tembaga Melayani Pelanggan Kota Tanjung Pinang

Industri Seni Tembaga Melayani Pelanggan Kota Tanjung Pinang . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah berada diapit lereng gunung Merapi & Merbabu yang termahsyur . Perkampungan Tumang tersebut diketahui sbg pusat perajin seni ukir tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pd masyarakat Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Lebih dari satu keluarga Tumang memilih usaha di rumah kerajinan kuningan buat dipasarkan ke bermacam konsumen. Ketrampilan mengolah kuningan didapati secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang memulai usaha kerajinannya dg hanya memproduksi alat perkakas rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, teko, and lain-lain tetapi kini telah beralih ke kerajinan logam tembaga buat keperluan interior cafe, kantor, and lain-lain.





Seni ukir tembaga and kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, sekarang, mulai memberi harapan dg naiknya jumlah pesanan, baik pesanan daerah maupun manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh cepat. Banyak pesanan berdatangan dari bermacam wilayah di NKRI and manca negara. Permintaan kerajinan logam tembaga semakin cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, diantaranya ialah munculnya teknologi website. Dg munculnya teknologi internet maka ingin membantu para ahli kerajinan kuningan buat mengenalkan kerajinan kuningannya ke semua wilayah and berbagai negara. Teknologi internet membantu para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yang tertolong ialah AA Gallery. Kini AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan kuningan ke lubuklinggau. Nggak hanya itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan kuningan ke surabaya.



Contoh Seni Logam Tembaga ialah kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, and lain-lain. Customer juga dapat memesan kerajinan tembaga sesuai dg keinginannya. Mereka bisa memiliki desain pribadi kemudian AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan tembaga beragam tetapi AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan tembaga ditentukan oleh banyak faktor. Antara lain ini ialah beberapa faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentu harganya semakin mahal dikarenakan bahan yang dipakai juga banyak, demikian sebaliknya semakin mini tentu harganya juga murah dikarenakan bahan yang dipakai juga sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harganya juga juga murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan tentu semakin murah), jika pesanan dari wilayah lain tentu mau-tidak mau dikenai biaya kirim.

Problem para ahli kerajinan logam tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dapat memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Ketika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam tembaga jg naik. Problem lain-lain, ahli Cepogo masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama pelanggan dapat mendapat harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh dikarenakan itu, produsen kerajinan tembaga terus-menerus ingin stabilitas ekonomi terus-menerus stabil jadi tak mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai produsen kerajinan logam tembaga wajib kreatif and wajib menyesuaikan keinginan konsumen. Sekarang AA Gallery tak hanya mendapat pesanan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan buat keperluan hiasan kantor namun telah bertambah pd pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga bernilai besar. Mengenai design kubah dapat menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan ialah AA Gallery mendapat kepercayaan buat memproduksi and memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tak hanya satu saja melainkan banyak.

Islamic Center itu telah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center itu maka setelah itu menjadi pusat kegiatan and ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan kuningan dari medan. Dengan bekal pengalaman puluhan thn berkarya kerajinan tembaga, AA Gallery semakin tahu cara untuk memproduksi kerajinan tembaga yang ber-quality and cocok yang diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yang urgen pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar