Rabu, 11 Maret 2020

Ahli Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Simalungun

Ahli Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Simalungun . Kampung Tumang, Jawa Tengah terletak diapit kaki gunung Merapi and Merbabu yg banyak dikenal . Kampung Tumang tsb diketahui sebagai pusat pengrajin kerajinan kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam kuningan sudah menyatu pd khalayak Tumang, Jawa Tengah. Banyak saudara Boyolali-Jawa Tengah membangun bisnis rumahan kerajinan kuningan untuk dijual ke berbagai konsumen. Skill mengukir kuningan didapati secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yg menceritakan bahwa khalayak Tumang mengawali bisnis kerajinannya dgn sekadar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga seperti dandang, wajan, teko, juga lain-lain tetapi sekarang ini sudah mengubah haluan ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan dekorasi hotel, gedung, juga lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Jawa Tengah, kini, mulai memberi harapan dgn naiknya jumlah permintaan, baik permintaan lokal atau luar negeri. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin berkembang cepat. Banyak permintaan datang dari berbagai wilayah di Indonesia juga manca negara. Orderan kerajinan kuningan meningkat cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya yakni munculnya teknologi website. Dengan munculnya teknologi website maka mau menolong para pengrajin kerajinan kuningan untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah juga berbagai negara. Teknologi website sangat menolong para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yg tertolong yakni AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan kuningan ke tebing tinggi. Tidak sekadar itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke kotawaringin timur.



Contoh Kerajinan Logam yakni kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, bak mandi, juga lainnya. Pelanggan juga dapat memesan kerajinan kuningan sesuai dgn kemauannya. Mereka dpt punya design pribadi kemudian AA Gallery yg membuatnya.


Mgkn tidak sedikit yg bertanya-tanya harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan kuningan sangat bermacam-macam tetapi AA Gallery mau berupaya memberikan harga yg pas. Harga kerajinan kuningan disebabkan oleh banyak faktor. Berikut ini yakni beberapa faktor yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin mahal disebabkan bahan baku yg digunakan bertambah banyak, demikian jg sebaliknya semakin mini tentu saja harganya juga murah disebabkan bahan yg digunakan juga sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin tak sulit, harganya juga menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan tentu saja juga murah), jika permintaan dari wilayah lain tentu saja otomatis ditambah ongkir.

Kendala para pengusaha kerajinan tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil dapat memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan tembaga. Jikalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan tembaga jg naik. Permasalahan lain-lain, pengusaha Tumang masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama konsumen dapat memperoleh harga yg sudah diambil pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dapat eksis meskipun minim untung. Oleh disebabkan itu, ahli kerajinan tembaga tetap berharap stabilitas ekonomi tetap stabil shngg tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai ahli kerajinan tembaga diharuskan inovatif juga diharuskan memantau keinginan konsumen. Saat ini AA Gallery tidak sekadar memperoleh permintaan kerajinan tembaga yg dibutuhkan untuk keperluan hiasan kantor namun sudah bertambah pd pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Berkaitan dengan desain kubah dapat mengikuti kemauan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg membanggakan yakni AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tidak sekadar satu sahaja akan tetapi cukup banyak.

Islamic Center itu sudah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center itu maka setelah itu menjadi pusat aktivitas juga ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan tembaga dari pematang siantar. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun tahun memproduksi kerajinan logam, AA Gallery semakin mengerti metode guna memproduksi kerajinan logam yg berkelas juga sesuai yg diinginkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yg urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar