Rabu, 11 Maret 2020

Bisnis Seni Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Madiun

Bisnis Seni Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Madiun . Perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali posisinya di antara kaki gunung Merapi and Merbabu yang termahsyur itu. Perkampungan tersebut dikenal sbg pusat pengrajin seni tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan logam kuningan telah menyatu pd publik Tumang, Cepogo-Boyolali. Banyak family Cepogo mendirikan kerja rumahan kerajinan kuningan untuk dijual ke berbagai pasar. Ketrampilan menempa kuningan didapati secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yang menjelaskan bahwa publik Tumang mengawali kerja kerajinannya dengan cuma membuat alat perkakas rumah tangga diantaranya dandang, wajan, teko, juga sebagainya walau demikian saat ini telah mengubah haluan ke kerajinan logam kuningan untuk kebutuhan dekorasi masjid, gedung, juga lain-lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Cepogo-Boyolali, masa ini, mulai menarik dengan meningkatnya jumlah orderan, baik orderan nasional maupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga tetap berkembang pesat. Banyak orderan datang dari berbagai wilayah di Republik Indonesia juga luar negeri. Pesanan kerajinan logam tembaga bertambah begitu signifikan ini karena oleh banyak variabel, contohnya merupakan munculnya teknologi website. Dg munculnya teknologi internet maka mau membantu para pengrajin kerajinan kuningan untuk mengenalkan kerajinan tembaganya ke semua wilayah juga berbagai negara. Teknologi internet cukup membantu para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yang terbantu merupakan AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke lubuklinggau. Tak cuma itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke jakarta selatan.



Contoh Seni Logam Kuningan merupakan kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, juga lain-lain. Customer juga bisa memesan kerajinan logam sesuai dengan kemauannya. Mereka dpt mempunyai desain sendiri lalu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn sahaja banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan logam cukup beraneka ragam walau demikian AA Gallery mau berupaya memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak variabel. Banyak hal sbb ini merupakan beberapa variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah mahal karena bahan yang dimanfaatkan semakin banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mini sudah sewajarnya harganya semakin murah karena bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah gampang, harga juga semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan sudah sewajarnya semakin murah), untuk orderan dari wilayah lainnya di luar Tumang sudah sewajarnya akan ditambah biaya kirim.

Problem para produsen kerajinan logam tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil bisa mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Disaat harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam tembaga jg mahal. Permasalahan lain-lain, produsen Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama customer bisa mendapatkan harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka produsen tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh karena itu, ahli kerajinan tembaga selalu menginginkan stabilitas ekonomi selalu stabil jadi tidak mengganggu kerja kerja kerajinan logam tembaga.

Sebagai ahli kerajinan logam tembaga wajib kreatif juga wajib memantau permintaan konsumen. Saat ini AA Gallery tidak cuma mendapatkan orderan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan eksterior rumah namun telah merambah pd produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga bernilai besar. Tentang desain kubah bisa mengikuti keinginan customer.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan merupakan AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk membuat juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tidak cuma satu saja akan tetapi cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd pusat kegiatan juga ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan tembaga dari samarinda. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun th membuat seni logam, AA Gallery bertambah mengerti teknik untuk membuat seni logam yang ber-quality juga cocok yang diharapkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar