Rabu, 11 Maret 2020

Pengusaha Kerajinan Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Tapanuli Utara

Pengusaha Kerajinan Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Tapanuli Utara . Desa Tumang, Boyolali berada di antara lereng gunung Merapi dan Merbabu yg terkenal itu. Desa Tumang tersebut disebut sebagai sentra pengusaha kerajinan kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan tembaga sudah menyatu pada khalayak Tumang, Boyolali. Lebih dari satu family Boyolali memilih usaha rumahan kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke bermacam konsumen. Ketrampilan mengukir kuningan didapati secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yg menjelaskan bahwa khalayak Tumang mengawali usaha kerajinannya dengan cuma memproduksi alat kebutuhan rumah tangga diantaranya dandang, wajan, teko, juga lainnya tapi sekarang ini sudah bertolak ke kerajinan tembaga untuk keperluan interior cafe, kantor, juga lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Boyolali, saat ini, mulai menggeliat dengan meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan nasional dan juga manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin berkembang cepat. Banyak permintaan datang dari bermacam daerah di Negeri Kita juga manca negara. Permintaan kerajinan tembaga bertambah cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, contohnya merupakan hadirnya teknologi internet. Dengan hadirnya teknologi internet maka ingin memudahkan para industri kerajinan kuningan untuk mengenalkan produknya ke semua daerah juga banyak negara. Teknologi internet amat memudahkan para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yg terbantu merupakan AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan tembaga ke solo. Tidak cuma itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke bengkulu.



Contoh Kerajinan Kuningan merupakan lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, juga lain-lain. Customer juga bisa mengorder kerajinan logam sesuai dengan seleranya. Mereka bisa punya desain pribadi setelah itu AA Gallery yg meujudkannya.


Mungkin sahaja banyak yg menanyakan harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan logam amat bervariasi tapi AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yg menarik. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak faktor. Berikut ini merupakan lebih dari satu faktor yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentu harganya semakin mahal dikarenakan bahan yg digunakan bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin mini tentu harganya juga murah dikarenakan bahan yg digunakan juga sedikit), level kesulitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tak sulit, harganya juga menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan tentu semakin murah), untuk permintaan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu akan dikenai biaya kirim.

Kendala para perajin kerajinan tembaga tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yg tdk stabil bisa memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan tembaga. Ketika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan tembaga akan naik. Problem lain, perajin Cepogo-Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama konsumen bisa mendapat harga yg sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh dikarenakan itu, pebisnis kerajinan tembaga terus-menerus bermimpi stabilitas ekonomi terus-menerus stabil shngg tdk mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan tembaga diharuskan inovatif juga diharuskan memantau keinginan konsumen. Sekarang AA Gallery tdk cuma mendapat permintaan kerajinan tembaga yg dibutuhkan untuk keperluan dekorasi hotel tapi sudah bertambah pada pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Mengenai ukiran kubah bisa menyesuaikan keinginan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg membanggakan merupakan AA Gallery mendapat kepercayaan untuk memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tdk cuma satu saja tetapi banyak.

Islamic Center itu sudah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center itu maka selanjutnya menjadi sentra aktivitas juga ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Setelah berpengalaman sejak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan kuningan dari ternate. Dengan bekal pengalaman puluhan thn berkarya seni kuningan, AA Gallery semakin tahu metode guna memproduksi seni kuningan yg berkualitas juga sesuai yg diharapkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yg urgen konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar