Rabu, 11 Maret 2020

Pengusaha Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kota Batu

Pengusaha Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kota Batu . Desa Tumang, Cepogo-Boyolali posisinya di antara kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yg terkenal itu. Desa Tumang tsb disebut sbg pusat produsen seni ukir tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan kuningan sudah mendarah daging pada publik Tumang, Cepogo-Boyolali. Lebih dari satu keluarga Cepogo memilih kerja rumahan kerajinan kuningan untuk dijual ke banyak pasar. Keahlian mengolah kuningan diwarisi secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yg menyampaikan bahwa publik Tumang memulai kerja kerajinannya dengan hanya membuat alat perkakas rumah tangga seperti dandang, wajan, ceret, serta lainnya tapi masa ini sudah beralih ke kerajinan kuningan untuk kebutuhan asesoris masjid, gedung, serta lain.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Boyolali, sekarang, mulai menggeliat dengan meningkatnya orderan, baik orderan nasional dan juga luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga tetap berkembang tak terelakan. Banyak orderan datang dari banyak wilayah di Negeri Kita serta luar negeri. Pesanan kerajinan logam kuningan meningkat cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, contohnya yaitu adanya teknologi website. Dgn adanya teknologi website maka mau memudahkan para produsen kerajinan kuningan untuk mempromosikan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah serta manca negara. Teknologi website begitu memudahkan para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yg tertolong yaitu AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan tembaga ke pekanbaru. Tak hanya tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke tual.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan yaitu robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, serta lain-lain. Konsumen juga bisa memesan kerajinan kuningan sesuai dengan keinginannya. Mereka dapat mempunyai desain pribadi kemudian AA Gallery yg membuatnya.


Mgkn sahaja banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan kuningan begitu beragam tapi AA Gallery mau berupaya memberikan harga yg pas. Harga kerajinan kuningan ditentukan oleh banyak faktor. Berikut ini ini yaitu lebih dari satu faktor yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu harganya bertambah tinggi dikarenakan bahan baku yg dimanfaatkan bertambah banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil tentu harganya jg murah dikarenakan bahan yg dimanfaatkan jg sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harga juga menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentu semakin murah), jika orderan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentu akan dikenai biaya kirim.

Kendala para perajin kerajinan tembaga tak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tak stabil bisa memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan tembaga. Disaat harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan tembaga jg naik. Permasalahan lain, perajin Boyolali masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen bisa meraih harga yg sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pengrajin kerajinan tembaga kontinyu berdoa stabilitas ekonomi kontinyu stabil shngg tak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan tembaga diwajibkan inovatif serta diwajibkan menyesuaikan keinginan konsumen. Masa ini AA Gallery tak hanya meraih orderan kerajinan tembaga yg dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan kantor namun sudah merambah pada projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Mengenai design kubah bisa menyesuaikan kemauan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg menarik yaitu AA Gallery meraih kepercayaan untuk membuat serta memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tak hanya satu sahaja tetapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut sudah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas serta ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih orderan kerajinan kuningan dari bengkulu. Bermodal pengalaman puluhan thn menghasilkan kerajinan logam, AA Gallery bertambah mengetahui teknik untuk membuat kerajinan logam yg berkualiti serta cocok yg diinginkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yg penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar