Rabu, 11 Maret 2020

Bisnis Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pasar Kota Batu

Bisnis Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pasar Kota Batu . Kampung Tumang, Cepogo-Boyolali terletak di antara lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang termahsyur itu. Kampung Tumang tersebut diketahui sebagai pusat industri kerajinan kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam sudah menyatu pada masyarakat Tumang, Cepogo-Boyolali. Banyak family Jateng membangun usaha rumahan kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke bermacam pasar. Keahlian menempa tembaga dipunyai secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yang menjelaskan bahwa masyarakat Tumang mengawali usaha kerajinannya dg hanya menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, teko, serta lainnya tetapi sekarang sudah mengubah haluan ke kerajinan logam untuk keperluan interior masjid, rumah, serta lain-lain.





Seni ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Cepogo-Boyolali, masa ini, mulai memberi harapan dg naiknya jumlah pesanan, baik pesanan daerah ataupun manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh cepat. Banyak pesanan berdatangan dari bermacam daerah di Indonesia serta manca negara. Orderan kerajinan kuningan mengalami kenaikan begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, diantaranya yakni hadirnya teknologi website. Dgn hadirnya teknologi internet maka mau memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga untuk menawarkan kerajinan kuningannya ke semua daerah serta manca negara. Teknologi internet cukup memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yang tertolong yakni AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan tembaga ke jakarta utara. Tak hanya tersebut saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke magelang.



Contoh Seni Tembaga yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, serta lainnya. Konsumen juga dapat memesan kerajinan logam kuningan sesuai dg kemauannya. Mereka bisa mempunyai rancangan sendiri selanjutnya AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn saja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan logam kuningan cukup beragam tetapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam kuningan disebabkan oleh banyak parameter. Berikut ini ini yakni banyak parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal dikarenakan bahan baku yang digunakan semakin banyak, demikian juga sebaliknya bertambah kecil tentunya harganya jg murah dikarenakan bahan yang digunakan jg sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tak sulit, harga juga menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentunya semakin murah), untuk pesanan dari daerah lain di luar Tumang tentunya akan dikenai biaya kirim.

Permasalahan para ahli kerajinan logam tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil dapat mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Kalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam jg naik. Permasalahan lain-lain, ahli Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer dapat mendapatkan harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pengrajin kerajinan tembaga selalu ingin kondisi ekonomi selalu stabil sehingga tak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai pengrajin kerajinan logam diwajibkan inovatif serta diwajibkan menyesuaikan keinginan prospek. Sekarang AA Gallery tak hanya mendapatkan pesanan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk keperluan interior hotel namun sudah bertambah pada pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai desain kubah dapat menyesuaikan keinginan customer.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang keren yakni AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk menghasilkan serta memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tak hanya satu saja melainkan banyak.

Islamic Center tersebut sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tersebut maka kemudian mjd pusat kegiatan serta ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman sejak th 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan tembaga dari pasuruan. Bermodalkan pengalaman puluhan th berkarya seni kuningan, AA Gallery bertambah tahu metode untuk menghasilkan seni kuningan yang ber-quality serta cocok yang diharapkan oleh seluruh customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar