Rabu, 11 Maret 2020

Perajin Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Merauke

Perajin Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Merauke . Perkampungan Tumang, Jawa Tengah berada di antara kaki gunung Merapi & Merbabu yang terkenal . Perkampungan Tumang tsb disebut sebagai pusat ahli seni tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Jawa Tengah. Banyak family Jateng membangun usaha di rumah kerajinan logam untuk dijual ke banyak pasar. Ketrampilan menempa logam diwarisi secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa masyarakat Tumang memulai usaha kerajinannya dgn hanya memproduksi alat kebutuhan rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, alat merebus air, juga lainnya akan tetapi saat ini telah berubah haluan ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan eksterior restoran, gedung, juga lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Jawa Tengah, masa ini, mulai menggeliat dgn naiknya jumlah orderan, baik orderan nasional dan juga luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga semakin berkembang pesat. Banyak orderan datang dari banyak wilayah di Negara Tercinta juga manca negara. Pesanan kerajinan logam kuningan bertambah cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, contohnya adalah munculnya teknologi internet. Dgn munculnya teknologi internet maka akan memudahkan para produsen kerajinan logam untuk mengiklankan kerajinan tembaganya ke semua wilayah juga berbagai negara. Teknologi internet cukup memudahkan para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yang tertolong adalah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan tembaga ke baubau. Nggak hanya itu saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke solok.



Contoh Kerajinan Logam adalah kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, juga lain-lain. Customer jg bisa memesan kerajinan logam tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka dpt memiliki design sendiri AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan logam tembaga cukup bermacam-macam akan tetapi AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam tembaga disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya sebagai berikut ini adalah banyak faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan baku yang dipakai jg banyak, demikian sebaliknya semakin kecil sudah sewajarnya harganya jg murah dikarenakan bahan yang dipakai jg sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harganya jg semakin murah), kuantitas ( semakin banyak orderan sudah sewajarnya semakin murah), jika orderan dari wilayah lainnya sudah sewajarnya secara otomatis dikenai ongkir.

Permasalahan para perajin kerajinan kuningan nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil bisa mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan kuningan juga mahal. Problem lain, perajin Tumang masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan bisa memperoleh harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh dikarenakan itu, pengrajin kerajinan tembaga terus-menerus ingin kondisi ekonomi terus-menerus stabil jadi nggak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan kuningan wajib inovatif juga wajib memantau keinginan prospek. Kini AA Gallery nggak hanya memperoleh orderan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris rumah tetapi telah merambah pd proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Mengenai ukiran kubah bisa menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan adalah AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan nggak hanya satu sahaja tetapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka setelah itu menjadi pusat kegiatan juga ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan tembaga dari blitar. Bermodal pengalaman puluhan tahun menghasilkan kerajinan kuningan, AA Gallery semakin paham cara untuk memproduksi kerajinan kuningan yang berkualitas juga sesuai yang diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yang urgen pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar