Rabu, 11 Maret 2020

Pengrajin Kerajinan Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Asmat

Pengrajin Kerajinan Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Asmat . Perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali berlokasi di antara kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal . Perkampungan Tumang tsb disebut sebagai sentra perajin seni tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pada publik Tumang, Cepogo-Boyolali. Banyak family Cepogo mendirikan bisnis di rumah kerajinan tembaga buat dipasarkan ke bermacam pasar. Skill mengolah tembaga didapatkan secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa publik Tumang mengawali bisnis kerajinannya dgn cuma membuat alat perkakas rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, teko, juga sebagainya walaupun demikian sekarang sudah berubah haluan ke kerajinan logam buat kebutuhan eksterior restoran, gedung, juga lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Boyolali, akhir-akhir ini, mulai memberi harapan dgn naiknya pesanan, baik pesanan lokal maupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga selalu berkembang tak terelakan. Banyak pesanan berdatangan dari bermacam wilayah di Indonesia juga manca negara. Permintaan kerajinan logam bertambah sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, diantaranya yaitu munculnya teknologi dunia maya. Dg munculnya teknologi website maka ingin memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga buat mengenalkan kerajinan tembaganya ke semua wilayah juga manca negara. Teknologi website amat memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yang tertolong yaitu AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke mataram. Tidak cuma tersebut saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke kotawaringin barat.



Contoh Seni Kuningan yaitu lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, juga lain-lain. Pelanggan jg bisa memesan kerajinan sesuai dgn seleranya. Mereka dapat memiliki design pribadi AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan amat bermacam-macam walaupun demikian AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan disebabkan oleh banyak parameter. Berikut ini yaitu lebih dari satu parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan baku yang digunakan bertambah banyak, demikian juga sebaliknya semakin kecil semestinya harganya juga murah dikarenakan bahan yang digunakan juga sedikit), level kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin tak sulit, harga jg juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan semestinya semakin murah), untuk pesanan dari wilayah lainnya di luar Tumang semestinya akan dikenai biaya kirim.

Permasalahan para pengusaha kerajinan logam tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil bisa memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam. Kalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam juga naik. Permasalahan lain, pengusaha Boyolali masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan bisa memperoleh harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pengrajin kerajinan tembaga kontinyu menginginkan kondisi ekonomi kontinyu stabil shngg tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai pengrajin kerajinan logam harus kreatif juga harus menyesuaikan permintaan prospek. Masa ini AA Gallery tdk cuma memperoleh pesanan kerajinan logam yang dibutuhkan buat kebutuhan hiasan hotel tetapi sudah bertambah pada proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg bernilai besar. Mengenai desain kubah bisa mengikuti kemauan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan yaitu AA Gallery memperoleh kepercayaan buat membuat juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tdk cuma satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut sudah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka kemudian menjadi sentra kegiatan juga ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak th 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan kuningan dari tebing tinggi. Bermodal pengalaman puluhan th berkarya kerajinan logam, AA Gallery semakin tahu cara guna membuat kerajinan logam yang bermutu juga cocok yang diharapkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yang penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar