Rabu, 11 Maret 2020

Pengusaha Kerajinan Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Aceh Utara

Pengusaha Kerajinan Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Aceh Utara . Kampung Tumang, Boyolali berlokasi di antara kaki pegunungan Merapi & Merbabu yg termahsyur itu. Kampung tsb dikenal sbg sentra perajin seni ukir tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan kuningan sudah menyatu pd orang Tumang, Boyolali. Beberapa family Boyolali-Jateng membangun bisnis di rumah kerajinan tembaga buat ditawarkan ke bermacam pasar. Skill mengukir tembaga diwarisi secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Tidak sedikit yg menceritakan bahwa orang Tumang memulai bisnis kerajinannya dengan hanya membuat alat kebutuhan rumah tangga misalnya dandang, panci, baskom, juga sebagainya akan tetapi sekarang ini sudah berubah haluan ke kerajinan kuningan buat keperluan ornamen masjid, gedung, juga lainnya.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Boyolali, saat ini, mulai bergairah dengan naiknya permintaan, baik permintaan nasional atau luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga terus tumbuh pesat. Banyak permintaan berdatangan dari bermacam daerah di Negara Kita juga luar negeri. Pesanan kerajinan kuningan mengalami penambahan begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya adalah adanya teknologi dunia maya. Dgn adanya teknologi website maka mau membantu para produsen kerajinan tembaga buat mengenalkan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah juga banyak negara. Teknologi website membantu para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yg tertolong adalah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke pontianak. Tak hanya itu saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke sibolga.



Contoh Kerajinan Logam Tembaga adalah kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, air mancur, juga lainnya. Pelanggan jg bisa memesan kerajinan logam sesuai dengan kemauannya. Mereka dpt punya desain pribadi lalu AA Gallery yg mengerjakannya.


Mgkn saja tidak sedikit yg bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan logam beraneka ragam akan tetapi AA Gallery mau berupaya memberikan harga yg sesuai. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak faktor. Berikut ini adalah lebih dari satu faktor yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah mahal disebabkan bahan yg dipakai semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil semestinya harganya semakin murah disebabkan bahan yg dipakai semakin sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harga jg juga murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan semestinya juga murah), untuk permintaan dari daerah lainnya semestinya auto ditambah ongkir.

Permasalahan para produsen kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yg nggak stabil bisa memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Disaat harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam kuningan akan naik. Permasalahan lainnya, produsen Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama customer bisa mendapat harga yg sudah ditentukan pengrajin tembaga maka produsen tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh disebabkan itu, pebisnis kerajinan tembaga selalu berharap stabilitas ekonomi selalu stabil sehingga nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan logam kuningan wajib kreatif juga wajib memantau keinginan prospek. Sekarang AA Gallery nggak hanya mendapat permintaan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan buat keperluan interior kantor namun sudah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Berkaitan dengan design kubah bisa menyesuaikan kemauan customer.

Pd Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg menyenangkan adalah AA Gallery mendapat kepercayaan buat membuat juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat nggak hanya satu sahaja melainkan sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka kemudian mjd sentra aktivitas juga ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan kuningan dari ternate. Bermodalkan pengalaman puluhan th membuat kerajinan logam, AA Gallery bertambah tahu cara guna membuat kerajinan logam yg bermutu juga sesuai yg diharapkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yg penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar