Rabu, 11 Maret 2020

Pengrajin Seni Ukir Logam Melayani Pasar Kabupaten Lahat

Pengrajin Seni Ukir Logam Melayani Pasar Kabupaten Lahat . Kampung Tumang, Cepogo berlokasi diapit lereng gunung Merapi and Merbabu yang terkenal . Kampung Tumang tsb dikenal sbg sentra ahli seni ukir tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Cepogo. Lebih dari satu keluarga Jawa Tengah mendirikan kerja rumahan kerajinan tembaga buat dijual ke beragam pasar. Ketrampilan mengukir tembaga didapati secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yang menceritakan bahwa masyarakat Tumang mengawali kerja kerajinannya dg hanya memproduksi alat perkakas rumah tangga seperti dandang, panci, teko, and lainnya tapi sekarang ini telah bertolak ke kerajinan tembaga buat kebutuhan ornamen cafe, kantor, and lain-lain.





Seni ukir tembaga and kuningan di desa Tumang, Cepogo, masa ini, mulai memberi harapan dg naiknya permintaan, baik permintaan nasional dan juga luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh pesat. Banyak permintaan berdatangan dari beragam wilayah di Negara Kita and manca negara. Orderan kerajinan tembaga semakin signifikan ini karena oleh banyak variabel, diantaranya adalah munculnya teknologi dunia maya. Dgn munculnya teknologi website maka mau memudahkan para perajin kerajinan tembaga buat mengiklankan produknya ke semua wilayah and berbagai negara. Teknologi website memudahkan para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yang terbantu adalah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan kuningan ke padang. Tak hanya tsb saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke payakumbuh.



Contoh Seni Tembaga adalah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, and lain-lain. Pelanggan jg dapat mengorder kerajinan tembaga sesuai dg keinginannya. Mereka dapat memiliki design sendiri kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan tembaga bervariasi tapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak variabel. Antara lain ini adalah banyak variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah mahal karena bahan baku yang digunakan jg banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil sudah sewajarnya harganya jg murah karena bahan yang digunakan jg sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah tak sulit, harga jg semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan sudah sewajarnya juga murah), untuk permintaan dari wilayah lain sudah sewajarnya akan dikenai ongkir.

Problem para produsen kerajinan logam tembaga tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil dapat memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Disaat harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam tembaga juga mahal. Permasalahan lain-lain, produsen Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer dapat meraih harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka produsen tembaga dapat eksis walau demikian minim untung. Oleh karena tsb, perajin kerajinan tembaga terus-menerus menginginkan kondisi ekonomi terus-menerus stabil shngg tidak mengganggu kerja kerja kerajinan logam tembaga.

Sebagai perajin kerajinan logam tembaga wajib inovatif and wajib memantau selera masyarakat. Sekarang ini AA Gallery tidak hanya meraih permintaan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan buat kebutuhan hiasan rumah tapi telah merambah pd produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan desain kubah dapat mengikuti kemauan customer.

Pd Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan adalah AA Gallery meraih kepercayaan buat memproduksi and memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tidak hanya satu sahaja melainkan sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tsb maka setelah itu mjd sentra kegiatan and ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan tembaga dari bekasi. Dengan modal pengalaman puluhan thn memproduksi kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah tahu cara untuk memproduksi kerajinan tembaga yang ber-quality and cocok yang diharapkan oleh semua customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar