Rabu, 11 Maret 2020

Ahli Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Pinrang

Ahli Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Pinrang . Desa Tumang, Boyolali-Jateng berada diapit kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang banyak dikenal . Desa Tumang tersebut dikenal sbg sentra industri kerajinan kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan logam sudah menyatu pd masyarakat Tumang, Boyolali-Jateng. Lebih dari satu family Cepogo mendirikan kerja di rumah kerajinan tembaga buat ditawarkan ke berbagai pasar. Keahlian menempa tembaga didapatkan secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yang menjelaskan bahwa masyarakat Tumang memulai kerja kerajinannya dgn sekadar membuat alat keperluan rumah tangga diantaranya dandang, panci, teko, and sebagainya akan tetapi masa ini sudah berubah haluan ke kerajinan logam buat keperluan ornamen masjid, kantor, and lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jateng, sekarang ini, mulai bergairah dgn naiknya jumlah pesanan, baik pesanan lokal ataupun manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan terus tumbuh tak terelakan. Banyak pesanan berdatangan dari berbagai wilayah di Negara Tercinta and luar negeri. Orderan kerajinan logam tembaga mengalami penambahan signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, diantaranya adalah hadirnya teknologi website. Dg hadirnya teknologi internet maka mau memudahkan para perajin kerajinan tembaga buat mempromosikan produknya ke seluruh wilayah and banyak negara. Teknologi internet begitu memudahkan para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yang tertolong adalah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke lhokseumawe. Tak sekadar itu saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke payakumbuh.



Contoh Kerajinan Logam Tembaga adalah robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, and lain-lain. Customer jg dpt mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dgn keinginannya. Mereka dapat memiliki design pribadi selanjutnya AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan logam tembaga begitu beraneka ragam akan tetapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan logam tembaga disebabkan oleh banyak parameter. Diantaranya sebagai berikut ini adalah lebih dari satu parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah tinggi dikarenakan bahan baku yang dimanfaatkan jg banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil tentu saja harganya semakin murah dikarenakan bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harga jg menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentu saja semakin murah), jika pesanan dari wilayah lain di luar Tumang tentu saja secara otomatis dikenai ongkir.

Kendala para pengrajin kerajinan tembaga nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dpt memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan tembaga. Kalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan tembaga jg mahal. Permasalahan lain-lain, pengrajin Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen dpt meraih harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh dikarenakan itu, perajin kerajinan tembaga selalu ingin stabilitas ekonomi selalu stabil sehingga nggak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai perajin kerajinan tembaga diharuskan kreatif and diharuskan menyesuaikan permintaan konsumen. Saat ini AA Gallery nggak sekadar meraih pesanan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat keperluan dekorasi rumah tapi sudah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg bernilai besar. Berkaitan dengan desain kubah dpt menyesuaikan keinginan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menarik adalah AA Gallery meraih kepercayaan buat membuat and memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat nggak sekadar satu sahaja melainkan begitu banyak.

Islamic Center itu sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center itu maka setelah itu menjadi sentra aktivitas and ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah berpengalaman sejak thn 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih pesanan kerajinan kuningan dari solo. Dengan modal pengalaman puluhan thn berkarya kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah paham teknik untuk membuat kerajinan kuningan yang berkelas and cocok yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yang urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar