Rabu, 11 Maret 2020

Ahli Seni Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Kampar

Ahli Seni Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Kampar . Desa Tumang, Jateng posisinya diapit kaki gunung Merapi & Merbabu yang termahsyur . Desa Tumang tersebut disebut sebagai pusat pengusaha kerajinan tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pd orang Tumang, Jateng. Beberapa family Cepogo-Jawa Tengah memilih bisnis di rumah kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke beragam konsumen. Keahlian menempa kuningan didapati secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa orang Tumang memulai bisnis kerajinannya dengan sekadar menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga misalnya dandang, panci, alat merebus air, & sebagainya tetapi kini telah berubah haluan ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan eksterior restoran, rumah, & lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Jateng, akhir-akhir ini, mulai menggeliat dengan naiknya orderan, baik orderan daerah dan juga internasional. Kerja kerajinan ukir tembaga selalu berkembang tak terelakan. Banyak orderan datang dari beragam wilayah di Negara Tercinta & manca negara. Pesanan kerajinan logam tembaga semakin cukup signifikan ini karena oleh banyak variabel, diantaranya yaitu hadirnya teknologi internet. Dengan hadirnya teknologi internet maka akan membantu para perajin kerajinan kuningan untuk mengiklankan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah & banyak negara. Teknologi internet membantu para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yang terbantu yaitu AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan tembaga ke bali. Tdk sekadar itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke gorontalo.



Contoh Kerajinan Tembaga yaitu lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, & lainnya. Customer juga dapat mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dengan kemauannya. Mereka bisa punya desain sendiri setelah itu AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan logam tembaga bervariasi tetapi AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan logam tembaga dipengaruhi oleh banyak variabel. Diantaranya sebagai berikut ini yaitu banyak variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah mahal karena bahan yang dimanfaatkan jg banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil semestinya harganya semakin murah karena bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harganya juga menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan semestinya juga murah), untuk orderan dari wilayah lainnya semestinya mau-tidak mau dikenai biaya kirim.

Problem para pebisnis kerajinan logam nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dapat mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Jikalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam juga naik. Problem lain-lain, pebisnis Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen dapat mendapat harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh karena itu, pengusaha kerajinan tembaga selalu menginginkan kondisi ekonomi selalu stabil sehingga nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai pengusaha kerajinan logam diwajibkan inovatif & diwajibkan memantau selera konsumen. Masa ini AA Gallery nggak sekadar mendapat orderan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan rumah tapi telah bertambah pd produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Mengenai ukiran kubah dapat mengikuti kemauan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan yaitu AA Gallery mendapat kepercayaan untuk menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan nggak sekadar satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya menjadi pusat kegiatan & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan kuningan dari pangkal pinang. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun th menghasilkan kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah mengetahui cara untuk menghasilkan kerajinan tembaga yang bermutu & sesuai yang diharapkan oleh semua konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yang urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar