Rabu, 11 Maret 2020

Bisnis Kerajinan Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Kepahiang

Bisnis Kerajinan Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Kepahiang . Kampung Tumang, Boyolali-Jateng berlokasi di antara kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal . Kampung Tumang tsb diketahui sbg sentra perajin seni ukir kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Boyolali-Jateng. Beberapa saudara Cepogo-Jawa Tengah membangun bisnis di rumah kerajinan kuningan untuk dijual ke beragam konsumen. Ketrampilan mengolah kuningan diwarisi secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yang menjelaskan bahwa masyarakat Tumang mengawali bisnis kerajinannya dgn hanya membuat alat perkakas rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, teko, juga lain-lain walau demikian sekarang ini telah bertolak ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan interior masjid, rumah, juga lainnya.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng, kini, mulai memberi harapan dgn meningkatnya jumlah orderan, baik orderan daerah ataupun internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan selalu berkembang cepat. Banyak orderan berdatangan dari beragam wilayah di Negeri Kita juga luar negeri. Pesanan kerajinan logam tembaga mengalami penambahan signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya yaitu adanya teknologi website. Dgn adanya teknologi internet maka mau menolong para pengrajin kerajinan kuningan untuk mengiklankan kerajinan kuningannya ke semua wilayah juga banyak negara. Teknologi internet menolong para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yang terbantu yaitu AA Gallery. Kini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan kuningan ke bukit tinggi. Nggak hanya tersebut saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke bima.



Contoh Kerajinan Kuningan yaitu kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, juga lain-lain. Pembeli jg dpt memesan kerajinan kuningan sesuai dgn keinginannya. Mereka dapat mempunyai desain sendiri selanjutnya AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn saja banyak yang menanyakan harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan kuningan bervariasi walau demikian AA Gallery mau berupaya memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan kuningan ditentukan oleh banyak faktor. Dibawah ini ini yaitu lebih dari satu faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi disebabkan bahan baku yang dipakai bertambah banyak, demikian juga sebaliknya semakin kecil sudah sewajarnya harganya semakin murah disebabkan bahan yang dipakai semakin sedikit), level kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin tidak sulit, harganya jg semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan sudah sewajarnya juga murah), jika orderan dari wilayah lain di luar Tumang sudah sewajarnya auto dikenai biaya kirim.

Permasalahan para ahli kerajinan kuningan tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil dpt mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Jikalau harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan kuningan juga mahal. Problem lainnya, ahli Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama customer dpt mendapatkan harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka ahli tembaga dpt eksis meski minim untung. Oleh disebabkan tersebut, produsen kerajinan tembaga kontinyu berdoa stabilitas ekonomi kontinyu stabil shngg tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai produsen kerajinan kuningan diharuskan inovatif juga diharuskan menyesuaikan permintaan prospek. Sekarang ini AA Gallery tdk hanya mendapatkan orderan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan eksterior kantor namun telah merambah pd proyek kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg bernilai besar. Mengenai design kubah dpt menyesuaikan keinginan customer.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menarik yaitu AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk membuat juga memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tdk hanya satu saja tapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka setelah itu menjadi sentra kegiatan juga ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan tembaga dari lhokseumawe. Bermodal pengalaman berpuluh tahun thn membuat kerajinan tembaga, AA Gallery semakin mengetahui metode guna membuat kerajinan tembaga yang berkualiti juga sesuai yang diinginkan oleh semua customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yang penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar