Rabu, 11 Maret 2020

Perajin Seni Ukir Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Ngada

Perajin Seni Ukir Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Ngada . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah berada di antara lereng gunung Merapi and Merbabu yang banyak dikenal itu. Kampung Tumang tsb dikenal sbg sentra ahli seni ukir tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan kuningan sudah menyatu pd masyarakat Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Lebih dari satu keluarga Cepogo membangun usaha rumahan kerajinan kuningan buat ditawarkan ke bermacam konsumen. Keahlian mengolah kuningan didapati secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang memulai usaha kerajinannya dengan hanya membuat alat kebutuhan rumah tangga seperti alat menanak nasi, wajan, ceret, & sebagainya walau demikian kini sudah beralih ke kerajinan kuningan buat kebutuhan dekorasi restoran, gedung, & lainnya.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, sekarang, mulai menarik dengan meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan lokal atau manca negara. Bisnis kerajinan ukir tembaga terus tumbuh pesat. Banyak pesanan datang dari bermacam wilayah di Republik Indonesia & manca negara. Pesanan kerajinan kuningan meningkat begitu signifikan ini sebab oleh banyak faktor, contohnya yakni munculnya teknologi website. Dg munculnya teknologi website maka ingin menolong para perajin kerajinan kuningan buat menawarkan produknya ke semua wilayah & banyak negara. Teknologi website amat menolong para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yang terbantu yakni AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan kuningan ke batam. Tidak hanya tsb saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke palopo.



Contoh Kerajinan Logam Tembaga yakni lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, bak mandi, & lain-lain. Customer jg dapat mengorder kerajinan logam sesuai dengan kemauannya. Mereka dapat memiliki rancangan sendiri selanjutnya AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn sahaja banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam kuningan tsb. Harga kerajinan logam amat bervariasi walau demikian AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak faktor. Berikut ini yakni beberapa faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah tinggi sebab bahan yang dimanfaatkan bertambah banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil sudah sewajarnya harganya juga murah sebab bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya jg semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan sudah sewajarnya juga murah), untuk pesanan dari wilayah lainnya sudah sewajarnya auto dikenai biaya kirim.

Permasalahan para industri kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dapat mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam kuningan jg naik. Permasalahan lainnya, industri Cepogo masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan dapat memperoleh harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka industri tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh sebab tsb, ahli kerajinan tembaga tetap ingin kondisi ekonomi tetap stabil shngg nggak mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai ahli kerajinan logam kuningan diwajibkan inovatif & diwajibkan memantau permintaan pasar. Masa ini AA Gallery nggak hanya memperoleh pesanan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan buat kebutuhan interior kantor tapi sudah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Mengenai hiasan kubah dapat mengikuti kemauan pelanggan.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan yakni AA Gallery memperoleh kepercayaan buat membuat & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan nggak hanya satu saja tapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb sudah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka selanjutnya mjd sentra aktivitas & ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak thn 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan kuningan dari jakarta utara. Berbekal pengalaman puluhan thn berkarya kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah paham metode untuk membuat kerajinan tembaga yang memiliki kualitas & sesuai yang diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar