Rabu, 11 Maret 2020

Produsen Kerajinan Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Buleleng

Produsen Kerajinan Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Buleleng . Desa Tumang, Cepogo lokasinya di antara kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal itu. Desa Tumang tsb dikenal sebagai pusat industri seni tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan logam kuningan telah menyatu pd masyarakat Tumang, Cepogo. Banyak saudara Boyolali-Jawa Tengah membangun usaha rumahan kerajinan logam untuk dipasarkan ke berbagai konsumen. Keahlian mengolah logam diwarisi secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang memulai usaha kerajinannya dengan cuma membuat alat perkakas rumah tangga diantaranya dandang, panci, ceret, serta lain-lain akan tetapi sekarang ini telah berganti ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan ornamen restoran, rumah, serta lain.





Seni ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Cepogo, saat ini, mulai menggeliat dengan naiknya jumlah orderan, baik orderan lokal atau internasional. Kerja kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh cepat. Banyak orderan datang dari berbagai wilayah di Indonesia serta manca negara. Pesanan kerajinan logam tembaga bertambah cukup signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya adalah munculnya teknologi website. Dgn munculnya teknologi internet maka mau memudahkan para ahli kerajinan logam untuk mengenalkan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah serta berbagai negara. Teknologi internet amat memudahkan para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yang terbantu adalah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan kuningan ke bitung. Tak cuma itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke subulussalam.



Contoh Seni Logam adalah lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, serta lainnya. Pembeli juga dapat mengorder kerajinan kuningan sesuai dengan seleranya. Mereka bisa mempunyai design pribadi lalu AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin sahaja banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan kuningan amat bervariasi akan tetapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak variabel. Antara lain ini adalah banyak variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentu harganya semakin tinggi sebab bahan baku yang digunakan jg banyak, demikian jg sebaliknya semakin kecil tentu harganya jg murah sebab bahan yang digunakan jg sedikit), level kesulitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin tak sulit, harganya juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak orderan tentu juga murah), jika orderan dari wilayah lain di luar Tumang tentu auto ditambah biaya kirim.

Kendala para ahli kerajinan logam kuningan tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil dapat mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam kuningan juga mahal. Permasalahan lain, ahli Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama pelanggan dapat menerima harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka ahli tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh sebab itu, pebisnis kerajinan tembaga selalu menginginkan stabilitas ekonomi selalu stabil jadi tdk mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan logam kuningan diharuskan inovatif serta diharuskan menyesuaikan keinginan masyarakat. Sekarang AA Gallery tdk cuma menerima orderan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan kantor namun telah merambah pd proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga bernilai besar. Tentang ukiran kubah dapat mengikuti kemauan pelanggan.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang keren adalah AA Gallery menerima kepercayaan untuk membuat serta memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tdk cuma satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center itu telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center itu maka kemudian menjadi pusat kegiatan serta ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima orderan kerajinan kuningan dari langsa. Berbekal pengalaman berpuluh tahun tahun membuat kerajinan logam, AA Gallery semakin mengetahui teknik untuk membuat kerajinan logam yang memiliki kualitas serta cocok yang diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yang urgen pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar