Rabu, 11 Maret 2020

Bisnis Kerajinan Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Kepulauan Anambas

Bisnis Kerajinan Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Kepulauan Anambas . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah lokasinya di antara kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan Tumang tersebut diketahui sbg pusat bisnis kerajinan kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Lebih dari satu family di sana mendirikan kerja di rumah kerajinan kuningan untuk dijual ke beragam konsumen. Ketrampilan mengolah kuningan diwarisi secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa masyarakat Tumang memulai kerja kerajinannya dg sekedar menghasilkan alat keperluan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, ceret, juga sebagainya walaupun demikian saat ini telah berubah haluan ke kerajinan kuningan untuk kebutuhan interior hotel, rumah, juga lainnya.





Seni ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, kini, mulai bergairah dg naiknya jumlah orderan, baik orderan daerah maupun internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan terus tumbuh cepat. Banyak orderan berdatangan dari beragam wilayah di Negara Kita juga luar negeri. Pesanan kerajinan logam tembaga mengalami kenaikan signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, diantaranya merupakan hadirnya teknologi dunia maya. Dg hadirnya teknologi website maka mau memudahkan para perajin kerajinan kuningan untuk mengiklankan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah juga berbagai negara. Teknologi website begitu memudahkan para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yang terbantu merupakan AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan tembaga ke yogyakarta. Tidak sekedar tsb saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke bandar lampung.



Contoh Seni Kuningan merupakan kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, juga lainnya. Customer juga dpt mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka dapat mempunyai rancangan sendiri kemudian AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn sahaja banyak yang menanyakan harga kerajinan logam kuningan tsb. Harga kerajinan logam tembaga begitu beragam walaupun demikian AA Gallery mau berusaha memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam tembaga disebabkan oleh banyak variabel. Diantaranya sbb ini merupakan lebih dari satu variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan yang dimanfaatkan bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin kecil semestinya harganya semakin murah dikarenakan bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harga juga menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan semestinya semakin murah), untuk orderan dari wilayah lainnya semestinya auto ditambah biaya kirim.

Kendala para industri kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dpt mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam kuningan juga naik. Problem lainnya, industri Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan dpt memperoleh harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka industri tembaga dpt eksis walau demikian minim untung. Oleh dikarenakan tsb, pebisnis kerajinan tembaga selalu berharap stabilitas ekonomi selalu stabil shngg tidak mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan logam kuningan harus kreatif juga harus memantau keinginan pasar. Masa ini AA Gallery tidak sekedar memperoleh orderan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan interior rumah tapi telah merambah pd pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan ukiran kubah dpt mengikuti kemauan pelanggan.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menarik merupakan AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tidak sekedar satu saja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb telah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tsb maka kemudian menjadi pusat aktivitas juga ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan tembaga dari padang sidempuan. Dengan bekal pengalaman puluhan thn menghasilkan seni logam, AA Gallery semakin mengerti cara untuk menghasilkan seni logam yang berkualitas juga cocok yang diinginkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar