Rabu, 11 Maret 2020

Perajin Seni Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Sumedang

Perajin Seni Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Sumedang . Desa Tumang, Cepogo-Boyolali lokasinya diapit kaki gunung Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal itu. Desa Tumang tsb disebut sebagai pusat perajin kerajinan tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam tembaga sudah mendarah daging pd publik Tumang, Cepogo-Boyolali. Lebih dari satu family Boyolali memilih usaha di rumah kerajinan tembaga buat ditawarkan ke berbagai konsumen. Keahlian mengolah tembaga didapatkan secara turun-temurun dari para pendahulunya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa publik Tumang memulai usaha kerajinannya dg sekedar menghasilkan alat keperluan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, ceret, & lain-lain tetapi masa ini sudah berubah haluan ke kerajinan logam tembaga buat keperluan ornamen masjid, gedung, & lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali, kini, mulai bergairah dg meningkatnya jumlah orderan, baik orderan nasional maupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga semakin berkembang tak terkendali. Banyak orderan datang dari berbagai daerah di Republik Indonesia & manca negara. Permintaan kerajinan logam bertambah cukup signifikan ini karena oleh banyak parameter, diantaranya merupakan adanya teknologi internet. Dengan adanya teknologi website maka akan memudahkan para ahli kerajinan tembaga buat mempromosikan kerajinan tembaganya ke semua daerah & berbagai negara. Teknologi website sangat memudahkan para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yang tertolong merupakan AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan tembaga ke palopo. Tidak sekedar itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan kuningan ke jakarta timur.



Contoh Seni Kuningan merupakan lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, air mancur, & lain-lain. Customer juga bisa memesan kerajinan logam tembaga sesuai dg seleranya. Mereka dapat punya design sendiri kemudian AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin sahaja banyak yang menanyakan harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan logam tembaga sangat bermacam-macam tetapi AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan logam tembaga dipengaruhi oleh banyak parameter. Dibawah ini ini merupakan beberapa parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah tinggi karena bahan baku yang digunakan juga banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mini sudah sewajarnya harganya semakin murah karena bahan yang digunakan semakin sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah mudah, harganya juga semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan sudah sewajarnya juga murah), jika orderan dari daerah lain sudah sewajarnya akan dikenai biaya kirim.

Kendala para produsen kerajinan logam nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil bisa mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Jika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam akan naik. Permasalahan lain, produsen Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen bisa menerima harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka produsen tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh karena itu, perajin kerajinan tembaga selalu bermimpi kondisi ekonomi selalu stabil shngg nggak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai perajin kerajinan logam diwajibkan kreatif & diwajibkan menyesuaikan keinginan pasar. Kini AA Gallery nggak sekedar menerima orderan kerajinan logam yang dibutuhkan buat keperluan asesoris hotel tapi sudah bertambah pd pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan hiasan kubah bisa mengikuti kemauan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan merupakan AA Gallery menerima kepercayaan buat menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan nggak sekedar satu saja tapi banyak.

Islamic Center itu sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center itu maka setelah itu mjd pusat aktivitas & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima orderan kerajinan kuningan dari blitar. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun thn membuat kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah mengerti metode untuk menghasilkan kerajinan kuningan yang berkualiti & sesuai yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yang urgen konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar