Rabu, 11 Maret 2020

Perajin Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Nias

Perajin Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Nias . Desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah terletak di antara kaki pegunungan Merapi & Merbabu yg banyak dikenal . Desa Tumang tersebut diketahui sebagai sentra ahli seni kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pada orang Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Beberapa family Cepogo membangun bisnis rumahan kerajinan tembaga buat dipasarkan ke banyak konsumen. Keahlian menempa tembaga didapati secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yg bercerita bahwa orang Tumang memulai bisnis kerajinannya dg sekadar memproduksi alat keperluan rumah tangga seperti dandang, panci, teko, dan lain-lain tapi masa ini telah berganti ke kerajinan tembaga buat kebutuhan asesoris cafe, kantor, dan lain-lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, saat ini, mulai memberi harapan dg meningkatnya permintaan, baik permintaan nasional atau manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan terus berkembang cepat. Banyak permintaan berdatangan dari banyak daerah di Indonesia dan luar negeri. Orderan kerajinan logam kuningan semakin cukup signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya ialah hadirnya teknologi cyber. Dengan hadirnya teknologi website maka akan menolong para produsen kerajinan tembaga buat mengenalkan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah dan banyak negara. Teknologi website begitu menolong para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yg terbantu ialah AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke surabaya. Tak sekadar itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke solok.



Contoh Seni Logam ialah kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, dan lain-lain. Customer juga bisa memesan kerajinan kuningan sesuai dg kemauannya. Mereka bisa mempunyai desain sendiri kemudian AA Gallery yg memproduksinya.


Mgkn banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan kuningan begitu beraneka ragam tapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yg sesuai. Harga kerajinan kuningan ditentukan oleh banyak variabel. Diantaranya sbb ini ialah banyak variabel yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah tinggi sebab bahan yg dipakai bertambah banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil sudah sewajarnya harganya jg murah sebab bahan yg dipakai jg sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harga juga semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan sudah sewajarnya semakin murah), jika permintaan dari daerah lainnya sudah sewajarnya akan dikenai biaya kirim.

Kendala para industri kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil bisa memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Ketika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam kuningan akan mahal. Permasalahan lain-lain, industri Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer bisa menerima harga yg telah diputuskan pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh sebab itu, pebisnis kerajinan tembaga kontinyu bermimpi stabilitas ekonomi kontinyu stabil sehingga tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan logam kuningan diwajibkan kreatif dan diwajibkan menyesuaikan keinginan masyarakat. Masa ini AA Gallery tidak sekadar menerima permintaan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan buat kebutuhan interior rumah tetapi telah merambah pada proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Mengenai desain kubah bisa menyesuaikan kemauan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg menyenangkan ialah AA Gallery menerima kepercayaan buat memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tidak sekadar satu sahaja melainkan begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka kemudian mjd sentra kegiatan dan ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan kuningan dari dumai. Bermodal pengalaman berpuluh tahun thn berkarya seni kuningan, AA Gallery bertambah tahu cara guna memproduksi seni kuningan yg bermutu dan cocok yg diharapkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun laba sedikit yg urgen customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar