Rabu, 11 Maret 2020

Industri Seni Ukir Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Purworejo

Industri Seni Ukir Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Purworejo . Kampung Tumang, Jawa Tengah posisinya diapit lereng gunung Merapi dan Merbabu yang terkenal itu. Kampung Tumang tersebut disebut sbg pusat pengrajin seni ukir kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan logam kuningan telah menyatu pd orang Tumang, Jawa Tengah. Lebih dari satu family Cepogo-Boyolali mendirikan kerja di rumah kerajinan tembaga untuk dijual ke beragam konsumen. Ketrampilan mengolah tembaga dimiliki secara turun-temurun dari orang tuanya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa orang Tumang mengawali kerja kerajinannya dg sekedar memproduksi alat perkakas rumah tangga seperti dandang, panci, alat merebus air, serta lainnya akan tetapi kini telah bertolak ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan interior cafe, kantor, serta lain.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Jawa Tengah, masa ini, mulai menarik dg meningkatnya pesanan, baik pesanan daerah atau manca negara. Bisnis kerajinan ukir kuningan semakin berkembang tak terkendali. Banyak pesanan berdatangan dari beragam wilayah di Negara Tercinta serta luar negeri. Orderan kerajinan logam bertambah signifikan ini karena oleh banyak variabel, diantaranya yakni adanya teknologi internet. Dgn adanya teknologi website maka akan menolong para industri kerajinan tembaga untuk mempromosikan kerajinan kuningannya ke semua wilayah serta banyak negara. Teknologi website menolong para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yang tertolong yakni AA Gallery. Sekarang AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan kuningan ke bontang. Nggak sekedar tersebut saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan kuningan ke jakarta utara.



Contoh Kerajinan Logam yakni robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, serta lainnya. Pelanggan jg dpt memesan kerajinan logam tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka bisa mempunyai rancangan sendiri kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn saja tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan logam kuningan tersebut. Harga kerajinan logam tembaga beraneka ragam akan tetapi AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam tembaga dipengaruhi oleh banyak variabel. Diantaranya sebagai berikut ini yakni lebih dari satu variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi karena bahan baku yang dimanfaatkan semakin banyak, demikian jg sebaliknya semakin mungil sudah sewajarnya harganya semakin murah karena bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), level kerumitan produksi ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin tak sulit, harganya jg juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan sudah sewajarnya juga murah), untuk pesanan dari wilayah lain sudah sewajarnya akan dikenai biaya kirim.

Kendala para pebisnis kerajinan logam kuningan tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil dpt mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam kuningan akan naik. Problem lain, pebisnis Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan dpt mendapat harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh karena tersebut, ahli kerajinan tembaga selalu bermimpi kondisi ekonomi selalu stabil jadi tdk mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai ahli kerajinan logam kuningan wajib kreatif serta wajib menyesuaikan keinginan prospek. Masa ini AA Gallery tdk sekedar mendapat pesanan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan asesoris kantor tetapi telah merambah pd pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg bernilai besar. Mengenai design kubah dpt mengikuti keinginan pelanggan.

Pd Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menarik yakni AA Gallery mendapat kepercayaan untuk memproduksi serta memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tdk sekedar satu saja tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka setelah itu mjd pusat aktivitas serta ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Setelah berpengalaman semenjak th 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan kuningan dari jogja. Bermodal pengalaman berpuluh tahun th berkarya kerajinan tembaga, AA Gallery semakin paham metode guna memproduksi kerajinan tembaga yang bermutu serta sesuai yang diinginkan oleh seluruh pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar