Rabu, 11 Maret 2020

Bisnis Kerajinan Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Sorong Selatan

Bisnis Kerajinan Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Sorong Selatan . Kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah berada di antara lereng gunung Merapi dan Merbabu yang terkenal . Kampung Tumang tersebut diketahui sebagai pusat pengusaha seni ukir kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam kuningan telah mendarah daging pd orang Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak family Cepogo mendirikan kerja rumahan kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke banyak pasar. Skill menempa kuningan dipunyai secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa orang Tumang mengawali kerja kerajinannya dg hanya menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, baskom, & lainnya akan tetapi saat ini telah beralih ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan interior hotel, rumah, & lain-lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, saat ini, mulai memberi harapan dg meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan lokal atau manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan terus berkembang pesat. Banyak pesanan datang dari banyak daerah di NKRI & manca negara. Orderan kerajinan tembaga mengalami penambahan begitu signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya yakni hadirnya teknologi dunia maya. Dgn hadirnya teknologi website maka mau menolong para pengrajin kerajinan kuningan untuk mengiklankan produknya ke semua daerah & manca negara. Teknologi website begitu menolong para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yang terbantu yakni AA Gallery. Kini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan kuningan ke kotawaringin timur. Tdk hanya itu saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke pasuruan.



Contoh Seni Logam yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, & lainnya. Customer jg dpt memesan kerajinan tembaga sesuai dg seleranya. Mereka bisa punya desain pribadi AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan tembaga begitu bervariasi akan tetapi AA Gallery mau berusaha memberikan harga yang pas. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak variabel. Antara lain ini yakni lebih dari satu variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal sebab bahan yang dipakai semakin banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mini tentunya harganya semakin murah sebab bahan yang dipakai semakin sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya jg menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan tentunya semakin murah), untuk pesanan dari daerah lain tentunya otomatis ditambah biaya kirim.

Kendala para pengusaha kerajinan tembaga tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil dpt memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan tembaga. Kalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan tembaga jg naik. Problem lain-lain, pengusaha Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama pelanggan dpt menerima harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh sebab itu, ahli kerajinan tembaga selalu ingin stabilitas ekonomi selalu stabil sehingga tdk mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai ahli kerajinan tembaga diharuskan kreatif & diharuskan memantau selera konsumen. Kini AA Gallery tdk hanya menerima pesanan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan interior kantor tapi telah bertambah pd produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan hiasan kubah dpt menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan yakni AA Gallery menerima kepercayaan untuk menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tdk hanya satu sahaja melainkan sangat banyak.

Islamic Center itu telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center itu maka kemudian menjadi pusat kegiatan & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan kuningan dari baubau. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun th menghasilkan seni logam, AA Gallery bertambah mengerti teknik guna menghasilkan seni logam yang berkualitas & sesuai yang diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar