Rabu, 11 Maret 2020

Bisnis Kerajinan Tembaga Melayani Pasar Kota Tegal

Bisnis Kerajinan Tembaga Melayani Pasar Kota Tegal . Kampung Tumang, Jawa Tengah terletak diapit lereng gunung Merapi & Merbabu yang terkenal itu. Kampung tsb disebut sebagai sentra pengusaha seni kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah mendarah daging pada khalayak Tumang, Jawa Tengah. Banyak family Boyolali-Jawa Tengah memilih usaha rumahan kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke banyak pasar. Ketrampilan mengukir kuningan dipunyai secara turun-temurun dari orang tuanya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa khalayak Tumang mengawali usaha kerajinannya dg sekedar membuat alat perkakas rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, ceret, dan lainnya namun saat ini telah beralih ke kerajinan logam tembaga untuk kebutuhan ornamen restoran, rumah, dan lain-lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Jawa Tengah, masa ini, mulai memberi harapan dg naiknya jumlah permintaan, baik permintaan lokal maupun manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh pesat. Banyak permintaan datang dari banyak wilayah di Negara Kita dan luar negeri. Orderan kerajinan logam kuningan mengalami kenaikan cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya ialah adanya teknologi cyber. Dg adanya teknologi internet maka akan membantu para ahli kerajinan kuningan untuk mengiklankan kerajinan kuningannya ke semua wilayah dan banyak negara. Teknologi internet sangat membantu para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yang terbantu ialah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan tembaga ke jakarta pusat. Nggak sekedar itu saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke makassar.



Contoh Seni Logam ialah robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, dan lainnya. Konsumen jg dapat mengorder kerajinan sesuai dg kemauannya. Mereka dpt mempunyai rancangan pribadi setelah itu AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn saja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan sangat beraneka ragam namun AA Gallery akan berupaya memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak faktor. Berikut ini ini ialah lebih dari satu faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah mahal disebabkan bahan baku yang digunakan jg banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil semestinya harganya jg murah disebabkan bahan yang digunakan jg sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya jg menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan semestinya semakin murah), jika permintaan dari wilayah lain di luar Tumang semestinya otomatis dikenai ongkir.

Problem para produsen kerajinan logam tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dapat memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Disaat harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam tembaga jg mahal. Permasalahan lain-lain, produsen Boyolali-Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan dapat mendapat harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka produsen tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh disebabkan itu, perajin kerajinan tembaga kontinyu bermimpi stabilitas ekonomi kontinyu stabil shngg tak mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai perajin kerajinan logam tembaga diwajibkan kreatif dan diwajibkan memantau permintaan konsumen. Masa ini AA Gallery tak sekedar mendapat permintaan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan kantor namun telah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg bernilai besar. Berkaitan dengan hiasan kubah dapat mengikuti kemauan pelanggan.

Pd Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan ialah AA Gallery mendapat kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tak sekedar satu saja tapi sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya menjadi sentra aktivitas dan ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan tembaga dari malang. Bermodal pengalaman puluhan thn memproduksi kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah mengetahui metode untuk membuat kerajinan tembaga yang memiliki kualitas dan cocok yang diinginkan oleh seluruh pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar