Rabu, 11 Maret 2020

Bisnis Seni Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Dompu

Bisnis Seni Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Dompu . Kampung Tumang, Boyolali-Jateng berlokasi diapit kaki gunung Merapi & Merbabu yang terkenal . Kampung Tumang tersebut dikenal sebagai sentra ahli seni ukir kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pd masyarakat Tumang, Boyolali-Jateng. Banyak family Cepogo-Boyolali memilih bisnis di rumah kerajinan kuningan buat dipasarkan ke banyak konsumen. Keahlian mengukir kuningan dimiliki secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa masyarakat Tumang memulai bisnis kerajinannya dg sekedar memproduksi alat perkakas rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, ceret, dan lain-lain walaupun demikian masa ini telah berganti ke kerajinan tembaga buat kebutuhan ornamen restoran, kantor, dan lain-lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng, sekarang ini, mulai menarik dg meningkatnya jumlah orderan, baik orderan daerah atau luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan selalu tumbuh tak terelakan. Banyak orderan datang dari banyak daerah di Indonesia dan manca negara. Pesanan kerajinan logam kuningan mengalami penambahan begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, diantaranya ialah adanya teknologi cyber. Dg adanya teknologi internet maka mau membantu para produsen kerajinan kuningan buat mengiklankan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah dan manca negara. Teknologi internet cukup membantu para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yang tertolong ialah AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan tembaga ke palembang. Nggak sekedar itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke jakarta barat.



Contoh Seni Tembaga ialah lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, dan lain-lain. Pelanggan juga bisa mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka dpt memiliki rancangan sendiri kemudian AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan logam tembaga cukup beragam walaupun demikian AA Gallery mau berupaya memberikan harga yang pas. Harga kerajinan logam tembaga ditentukan oleh banyak parameter. Banyak hal sbb ini ialah lebih dari satu parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal dikarenakan bahan yang digunakan semakin banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil tentunya harganya juga murah dikarenakan bahan yang digunakan juga sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah mudah, harganya juga juga murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentunya semakin murah), jika orderan dari daerah lainnya tentunya otomatis dikenai ongkir.

Kendala para pebisnis kerajinan kuningan tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil bisa memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Jikalau harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan kuningan akan mahal. Problem lain-lain, pebisnis Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer bisa memperoleh harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh dikarenakan itu, perajin kerajinan tembaga selalu bermimpi kondisi ekonomi selalu stabil jadi tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai perajin kerajinan kuningan diharuskan inovatif dan diharuskan menyesuaikan permintaan prospek. Saat ini AA Gallery tdk sekedar memperoleh orderan kerajinan kuningan yang dibutuhkan buat kebutuhan asesoris kantor namun telah merambah pd pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga bernilai besar. Tentang ukiran kubah bisa mengikuti keinginan customer.

Pd Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan ialah AA Gallery memperoleh kepercayaan buat memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tdk sekedar satu saja tapi banyak.

Islamic Center itu telah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center itu maka kemudian mjd sentra kegiatan dan ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan tembaga dari manado. Berbekal pengalaman berpuluh tahun tahun memproduksi seni logam, AA Gallery bertambah tahu metode guna memproduksi seni logam yang memiliki kualitas dan cocok yang diharapkan oleh semua customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang urgen customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar